Copyright © Putri Chelline Syari
Design by Dzignine
Sabtu, 02 Februari 2013

BAB 9


Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota
  • Efek-efek ekonomis koperasi 
  •  Efek harga dan efek biaya 
  • Analisis hubungan efek ekonomis dengan keberhasilan koperasi
  •   Penyajian dan analisis neraca pelayanan
Efek-efek Ekonomis Koperasi

            Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
            Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual/pembeli diluar koperasi.
Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :
  1. Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya 
  2.   Jika pelayanan itu ditawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan dibanding  yang diperolehnya dari pihak-pihak lain diluar koperasi

Efek Harga dan Efek Biaya

            Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya : Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normative.
            Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang dimaksud adalah insentif yang berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau diperolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.

0 komentar:

Posting Komentar