1.
Pengertian
pasar dan Pemasaran
·
Pasar
Pasar adalah tempat bertemunya
penjual dan pembeli dan terjadinya transaksi.
·
Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu
kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
2.
Jenis-jenis
pasar
·
Jenis
pasar menurut bentuk kegiatannya :
Menurut dari bentuk kegiatannya
pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
1) Pasar nyata
2) Pasar tidak nyata(abstrak).
·
Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar dimana
barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
Contoh : pasar tradisional dan
pasar swalayan.
·
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana
para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli
secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh
: pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
·
Jenis
pasar menurut cara transaksinya :
Menurut cara transaksinya, jenis
pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
·
Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang
bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar
menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang
berupa barang kebutuhan pokok.
·
Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang
bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan
denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza,
dan tempat-tempat modern lainnya.
·
Jenis
– Jenis Pasar menurut jenis barangnya :
Beberapa pasar hanya menjual satu
jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan
dan daging serta pasar loak.
·
Jenis
– Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi :
Menurut keluasaan distribusinya
barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
Pasar Lokal
Pasar Daerah
Pasar Nasional dan
Pasar Internasional
3.
Konsep-konsep
inti pemasaran
Suatu perusahaan dalam
menjalankan aktivitasnya harus efi menjalankan konsep pemasaran agar keuntungan
yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik. Ini menandakan bahwa kegiatan
pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasi dan dikelola dengan cara yang
labih baik.
4.
Manajemen
pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah
salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk
mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang
diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan
harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya
berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap
perusahaan
5.
Bauran
pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat
komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
·
Product (produk)
·
Price (harga)
·
Place (tempat, termasuk juga distribusi)
·
Promotion (promosi
Karena pemasaran bukanlah ilmu
pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam
perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah
People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku
Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai
seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak
pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi
pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap
pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau
diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen (konsep pemasaran).
6.
Tujuan
sistem pemasaran
1. Memperkenalkan Produk kepada
Umum
2. Melakukan Promosi baik dalam
bentuk fisik maupun maya
3. Mendukung Penjualan hingga
terjadinya penjualan
4. Melakukan pemetaan terhadap
pasar (market share, dsb)
5. Analisa terhadap kompetitor
(pesaing usaha)
6. Membuat Feed back bagi produksi
(tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
7. sebagai acuan / pertimbangan
untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya.
7.
Pendekatan
dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan produktif karena
menciptakan kegunaan (utility) baik kegunaan bentuk, tempat, waktu maupun
milik.
Terdapat enam macam pendekatan yang biasa digunakan
untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran yaitu pendekatan
·
komoditi (commodity approach),
·
pendekatan kelembagaan (institutional approach),
·
pendekatan analitis atau efisiensi pemasaran (analytical approach),
·
pendekatan struktur tingkah laku dan penampilan pasar (SCP approach),
dan
·
pendekatan manajemen pemasaran (marketing management approach).
Masing-masing
pendekatan tersebut tidak dapat berdiri sendiri sehingga memerlukan pendekatan
lainnya agar dapat memberikan manfaat yang lebih menyeluruh.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://www.google.co.id/search?aq=f&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=Jenis-jenis+pasar
http://punyachipau.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-pasar-dalam-ekonomi.html
http://www.scribd.com/doc/3590291/Pemasaran
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://www.google.co.id/search?aq=f&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=Jenis-jenis+pasar
http://punyachipau.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-pasar-dalam-ekonomi.html
http://www.scribd.com/doc/3590291/Pemasaran
0 komentar:
Posting Komentar